Minggu, 26 Mei 2013

Lain-lain

Industri pengolahan

            Sektor industri adalah sektor yang mampu menggambarkan laju perekonomian suatu daerah. Dan sector industry pula yang diharapkan akan mampu memberikan value added dengan cepat pada akhirnya akan memberikan income daerah melalui PADnya. Tapi masalahnya tidak semua daerah cocok dan kondusif untuk dijadikan kawasan industry. Dengan kenyataan demikian, maka kerjasama antar daerah mutlak dibutuhkan. Banyak factor yang dibutuhkan untuk menumbuh-kembangkan sector industry antara lain, ketersediaan sumber daya manusia yang handal, sumber daya alam  dan sumber daya investasi yang cukup.
            Pada tahun 2011, profil industry di Kecamatan Gondanglegi cenderung masih didominasi oleh industry kecil. Dominasi tersebut dapat dilihat dari persentase jumlah industry kecil yang mencapai lebih dari 99 persen.
            Pada periode yang sama, golongan industry kecil dan kerajinan rumah tangga mengalami perkembangan baik dilihat dari jumlah usaha, tenaga kerja maupun nilai tambahnya. Pada Tahun 2011, jumlah usaha industry kecil dan rumah tangga yang tercatat pada Kantor Desa di Kecamatan Gondanglegi sebanyak 1.775 usaha.


Perdagangan
            Sector perdagangan adalah sector yang selalu ada dan cukup potensial untuk ditumbuh kembangkan menjadi sector andalan suatu daerah. Sector ini akan selalu menjadi aktivitas setiap hari oleh penduduk selama berlangsungnya kehidupan karena sector perdagangan adalah sector yang menunjukkan interaksi antar penduduk yang saling membutuhkan dan mendukung.
            Untuk memperlancar aktifitas perekonomian di Kecamatan Gondanglegi diperlukan beberapa sarana penunjang yang dibutuhkan antara lain pasar, hotel/penginapan, rumah makan dan lain sebagainya.
            Mengacu data kantor desa, jumlah  toko/warung/kios yang tercatat di Kecamatan Gondanglegi sebanyak 4.353 unit, dan menempati urutan teratas sebagai tempat kegiatan ekonomi yang jumlahnya terbesar. Berikutnya pasar permanen sebanyak 3 buah, restaurant sebanyak 1.212 buah, supermarket sebanyak 7 buah, serta koperasi sebanyak 12 buah.


Lain-lain
            Dalam era globalisasi, sarana komunikasi dan informasi yang memadai sangatlah dibutuhkan. Data mengenai sarana komunikasi dan informasi seperti keberadaan wartel/kios pon, warnet, pos dan lain-lain sangat diperlukan. Dari data yang terkumpul didapatkan keterangan bahwa semua desa dikecamatan Gondanglegi terdapat pedagang pulsa sebanyak 117 buah. Berikutnya warnet sebanyak 18 buah, Biro perjalanan wisata sebanyak 1 buah serta kantor pos/kantor pos pembantu sebanyak 1 buah.
           Pariwisata adalah suatu industry yang sangat kompleks karena kegiatannya sangat bermacam-macam sehingga harus bekerja sama untuk menciptakan produknya. Industry ini sangat beraneka ragam subsektornya yang masing-masing merupakan Industri dalam arti yang sempurna, jika dilihat secara terpisah. Salah satu Industri tersebut adalah jasa hiburan dan sarana penunjangnya yang meliputi objek wisata, kesenian, seni/budaya dan sarana lainnya.
            Sehubungan dengan hal di atas gambaran mengenai kegiatan pariwisata di Kecamatan Gondanglegi didekati melalui data banyaknya objek wisata menurut jenisnya, banyaknya kelompok kesenian, banyaknya kegiatan budaya serta jumlah sarana penunjang wisata

0 komentar:

Posting Komentar